Senin, 29 September 2014

First in my experience

Assalamualaikum

Hei guys,,,aku mau ajak kamu buat nyimak cerita perkuliahanku kali ini. Ini adalah penampilan pertama temen aku buat presentasi di pembelajaran filsafat pendidikan matematika. Sebelum  aku mulai cerita nih guys, kalian tau ngga apa itu formalismedan konstruktivisme???? Sebenernya formalisme dan konstruktivisme itu adalah aliran filsafat pendidikan. Oke langsung aja kita bahas presentasinya temen aku tentang kedua aliran ini.  Cekidottt...

Kelompok aliran formalisme ini adalah kelompok yang pertama untuk presentasi materi perkuliahan filsafat. Berhubung ini adalah kelompok pertama, jadi wajar aja kan guys kalo banyak kekurangan pada kelompok ini. Sebenernya dari sumber refrensinya pun juga mungkin susah, soalnya waktu itu masi belum nemu yang terjemahannya buku Ernest. Adanya yang bahasa Inggrisan. Trus juga mungkin cara mempresentasikannya juga monoton dan bingung sendiri. Okee gapapa, kita maklum kok rek. Hehe

Sedangkan materi mengenai kontruktivisme ini bagiku mudah untuk aku pahami. Intinya kontruktivisme itu seperti yang aku alami di masa sekolah dulu yang menerapkan kurikulum K13, yang menekankan pada keaktifan siswanya daripada guru yang terus terusan menjelaskan. Dalam metode seperti ini yang lebih diutamakan adalah lebih kepada proses, dan bukan kepada hasilnya. Kontruktivisme mlatih siswa agar lebih mandiri, memiliki keingintahuan tinggi dan juga, lebih bisa bekerja sama serta lebih komunikatif. Mereka menjelaskan dengan bahasa mereka yang komunikatif dan juga tidak bertele tele. Cukup jelas dan mudah bagi audience untuk paham. Nice bangettt J

Dengan ketepatan waktu kawan kawan yang presentasi, dan juga dengan kemampuan yang maksimal untuk menjawab pertanyaan dari para audience maka dari itu applause buat kelompok satu ini sangat berharga banget. Jujur aja, buat aku yang kelompok enam, rasanya masih tenang tenang aja. Hehehe. Dan nyimak banget gimana penampilan kedua kelompok ini. Secara ini adalah penampilan pertemuan pertama, jadinya banyak banget audience yang matanya tertuju kepada mereka. Kalo aku si yang aku perhatiin dari segi media, cara presentasi, dan cara menjawab pertanyaan. Karena aku sadar, ntar bakalan aku ada di posisi seperti mereka. Tau diri lah guys. Hehe

Formalisme itu aliran yang bisa mengaksiomakan semua matematika secara lengkap dan konsisten. Jadi kita tidak dapat mengubah apapun pada aksioma. Aksioma sendiri adalah kesepakatan matematikawan secara global dan tidak dapat diganggu gugat. Dan membahas tentang aksioma, cewe itu kebanyakan aksioma loh guys hahaha. Trus apalagiyaa..kalo perempuan lagi ngomel dan cerewet abiss pasti ga bisa diganggu gugat. Dan aku bersyukur, karena aku seorang cewe. Hahaha

Oke guys, sekarang kita tau sedikit tentang  aliran formalisme dan konstruktivisme kek gimana. Next time kita kepoin lagi yang lainnya ya guys.. Semoga bermanfaat

Bye bye
Wassalammualaikum^^

0 komentar :

Posting Komentar