Minggu, 08 Januari 2017

The Dark of The Sea

Assalammualaikum



Hay guys, gimana kabar kalian kali ini. Bahagia, seneng, sedih, galau atau biasa aja. Hehe kenapa aku nyapa kalian dengan nanya kabar. Oke, pertama kalian liat judul postinganku kali ini adalah The Dark of The Sea kalo ga salah artinya laut kegelapan. Wuiihhh keren banget kan. Kek judulnya film. Kali aja aku buat judul yang gelap ini suasana hati kalian juga ikut gelap. Hehe . Jangan ya guys. Tetep keep smile terus dong kek Kak Caesar, yang terus keep smile meskipun sekarang uda kaga perna nongol di tipi. Tapi keep smile nya itu loh selalu melekat dihati ( mungkin aku termasuk penontonnya hehehe )

Kali ini aku bakalan bahas tentang 2 presentasi di pertemuan kali ini. Presentasi pertama Perkembangan Matematika pada Masa Kejayaan Islam dan Kemunduran Perkembangan Matematika di Akhir Zaman Kejayaan Islam. Rasanya kok aku sedih ya guys bahas ini. Mungkin karena Islam uda melekat dalam diri, jadinya kalo mau bahas tentang kemunduran Islam rada miris, sedih, baper gimana gitu ya guys. Lebay banget ya wkwk.Tapi gimanapun juga kudu aku bahas presentasi kali ini. Ini kan sejarah guys. Dan ada baiknya kita belajar dari masa lalu. Agar dimasa mendatang bisa menjadi lebih baik. Cieelah. Hayuk aku ajak kalian nyimak dulu bentar.

Waktu presentasi kali ini ada yang spesial banget. Entah apa yang dipikirkan bapak dosen. Waktu itu ngasi hadiah kepada temen kita yang lagi presentasi, jadi terharu deh. Hiks hiks (alay)

Dan ngasih hadiahnya itu kepada temen aku yang lagi presentasi  yang diaggepnya sebagai pemateri terbaik. Mungkin bapak dosen ngasih itu buat keinget kenangan sama bapaknya terus kali ya. Dan hadiahnya adalahhh jenggjengg sebuah Bolpoin. (Yeyyyy) Meskipun hanya bolpen biasa, bukan bolpen yang bisa berubah jadi tongkat ajaib wkwk , tapi bolpen ini menurut aku jadi bolpen yang spesial banget bagi si pemateri yang dapet, karena gratissss hehe, eh maksudnya karena dari bapak dosen memberi dengan penuh cinta. Ecieee

Dengan penjelasan dari temen temen kemarin, aku jadi tau sedikit tentang perkembangan matematika pada masa kejayaan islam dan di akhir kejayaan islam. Menurut presentasi temen temen, dijelaskan kalo kota Baghdad menjadi pusat pengembangan matematika dan ilmu pengetahuan alam lainnya menggantikan Alexandria pada Zaman Yunani. Pada tahun 750 M adalah waktu  dimulainya kejayaan ilmu pengetahuan pada zaman islam. Dimana permulaan pemerintahan khalifah khalifah Bani Abbasiyah, bangsa Arab pada saat itu bangkit dan mulai mengejar ketinggalan dalam ilmu pengetahuan. Karya ilmu klasik Yunani dan India dibawa ke Baghdad kemudian diterjemahkan kedalam bahasa Arab.



Pada tahun 1258 M Kota Baghdad telah dimusnahkan oleh tentara Mongol dibawah pimpinan Hulagu Khan. Dari mulai fasilias, bangunan, termasuk Baitul Hikmah, buku buku, semua telah dimusnahkan. Buku buku ilmu pengetahuan, karya sastra, entah apapun itu semuanya dibuang dan dihanyutkan ke sungai Tigris. Kebayangkan guys berapa banyak ribu buku yang dulunya ada trus dihanyutkan semua ke sungai. Wow. Dan apa yang terjadi guys, warna sungai Tigris menjadi hitam pekat berhari hari akibat lunturnya tinta dari beribu ribu karya tulis dari para cendekiawan Baghdad. Oh my God, Ya Allah. Syedihhh, mirisss deh hiks



Cerita dari presentasi kali ini buat aku terhanyut dalam suasana guys. Entah kenapa ikutan sebel deh wkwk. Sampe sampe waktu itu aku bilang kurang ajar banget si bangsa Mongolnya. Selesai presentasi, Innaya temenku yg merupakan salah satu dari keempat pemateri ini mendapat reward dari bapak dosen. So pasti presentasi dia bagus guys. Bisa buat aku terbuai suasana wkwk. Good job 


Angka Arab

Pokoknya dari postingan kali ini kita kudu bisa belajar move on dan bangkit dari keterpurukan. Ga ada yang ga mungkin di dunia ini kalo kita mau berusaha. Apalagi buat kamu yang lagi galau wkwk, move on dong say.

Oke guys, sekarang kita tau sedikit gimana perkembangan matematika pada masa akhir kejayaan Islam . Semoga bermanfaat yaaaa.Bye bye.




 Wassalammualaikum^^

0 komentar :

Posting Komentar