Senin, 10 November 2014

Paku Bergambar

Assalammualaikum




Hay guys, kali ini aku mau ngajak kalian jalan jalan ke daerahnya Ratu Cleopatra Mesir dan Babilonia. Menurut khayalanku guys, ini dua negara sama sama panasnya di daerah timur tengah. Apalagi rumahnya Cleopatra, aku ngebayangin daerahnya yang panas, gurun dimana mana, dan banyak segitiga nya..eh, maksud aku banyak piramidanya. Wkwk

Nah menurut aku antara Babilonia dan Mesir kok aku lebih tertarik bahas Mesir ya guys wkwk. Kalo menurut aku si Mesir itu unik hehe. Soalnya disana itu pemandangannya secara beda banget nih sama di Indonesia. Meskipun aku ga pernah ke sana tapi aku yakin tuh di Mesir jelas beda banget. Dari segi perekonomian, pengetahuan, sosial budaya dan masi banyak lagi ternyata Mesir banyak perbedaan dengan Indonesia.Di Babilonia pun juga beda dari Indonesia.  Informasi ini aku dapetin dari tv, buku, dan presentasinya temen temen kemarin.  Nahh, salah satunya beda dari segi tulisan menghitungnya.

Mungkin kalo orang Indonesia khususnya Jawa pasti kalian bakalan kenal sama yang namanya huruf Jawa, di Cina ada huruf Kanji, di Korea ada huruf Hangeoul dan kali ini di Mesir ada huruf Egypt sedangkan di Babilonia dikenal tulisan paku, mungkin gara gara bentuknya kayak paku ya guys jadinya sebutannya gitu. Huruf Egypt ini aku bilang unik kenapa, soalnya hurufnya tuh bukan seperti huruf guys. Nih huruf Egypt tuh lebih kayak gambar sebenernya. Hurufnya ada yang kaya gambar bunga teratai, kecebong, orang, dll. Tapi satu simbol ini mewakili angka yang jumlahnya tertentu. Trus juga penulisannya itu cukup rumit juga si guys kalo menurutku.

Tulisan Paku

     Egypt


Awalnya matematika di Mesir itu digunakan untuk ngukur pasang surutnya sungai Nil. Berhubung nih sungai sering meluap trus ngikis tanah pinggiran sungai, matematika disini berperan buat tau berapa banyak rata rata tanah yang terkikis setiap tahunnya. Nah jadi diterapkan deh ilmu matematika. Matematika Mesir ini katanya berasal dari Yunani yang masuk ke Mesir melalui interaksi sosial orang-orang Kristen dengan Masyarakat Mesir.

Mengenai presentasi kemaren jelas banget udah penjelasannya.apalagi yang kelompok 9 menampilkan videonya bagaimana cara menulis huruf paku itu. Jadi insyaallah ga cuman aku aja yang paham. Temen temen sekelas dan juga dosen punakurasa mudah mengerti. Cara penyampaiannya juga uda memakai bahasa sendiri jadi mudah buat aku dan temen temen yang lain buat memahami. Nice bangett..

Oke guys itu dulu ya cerita tentang perkuliahanku kali ini. Moga ceritaku kali ini bisa sedikit nambahin ilmu pengetahuannya kita ya guys. Tunggu aja curhatanku selanjutnya. Byebye


Wassalammualaikum^^

0 komentar :

Posting Komentar